Lomba Desa Tingkat Provinsi

  • 18 Mei 2011
Lomba Desa Tingkat Provinsi

    Setelah sebelumnya melaksanakan penilaian di Kabupaten Karangasem, Tim penilai lomba desa tingkat provinsi Bali tahun 2011, Rabu (11/5) melakukan penilaian di Kabupaten Bangli. Tampil sebagai duta Kabupaten Bangli yang dinilai dalam lomba desa kali ini adalah Desa Landih Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli setelah sebelumnya menjuarai lomba desa tingkat Kabupaten Bangli. Tim penilai yang diketuai I Wayan Sadia, SH., M.Si yang juga Kepala Bidang ( Kabid ) Pemerintahan Desa – BPMPD Provinsi Bali, saat melakukan penilaian disambut langsung Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hum, didampingi Ketua DPRD Kab. Bangli I.B. Raka Mudarma, Kepala BPMD Kab. Bangli, Camat Bangli, Ketua Penggerak PKK Kab. Bangli, Perbekel Desa Landih dan masyarakat setempat.

            Disela – sela penilaian berlangsung, Ketua tim penilai I Wayan Sadia mengatakan,  dalam rangka mendukung pelaksanaan otonomi daerah dan kemandirian masyarakat, maka perlu dilakukan upaya – upaya pemberdayaan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat dalam pembangunan desa. Sehingga salah satu program pemerintah untuk mengevaluasi program pemberdayaan masyarakat adalah dengan pelaksanaan lomba desa yang rutin dilaksanakan setiap tahunya. Dalam lomba kali ini ada dua makna penting yang yang ingin disampaikan antara lain, “Mengevaluasi dan Memotivasi“ yakni menilai tingkat perkembangan masyarakat desa yang dicapai dalam dua tahun terakhir dan memotivasi masyarakat dalam mendorong tumbuhnya semangat dalam melaksanakan pembangunan dan terdorong berkompetisi secara sehat.

            Dikatakan juga, lomba desa tahun ini penilaianya meliputi delapan indikator, yakni Pendidikan Masyarakat, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga Kemasyarakatan dan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, berdasarkan data perkembangan dua tahun terakhir. Disamping itu juga, dilakukan pembinaan terhadap empat indikator tambahan diantaranya, keberhasilan program pemberdayaan masyarakat desa, Inisiatif dan Kreativitas daerah dalam pemberdayaan masyarakat dan Pemerintahan desa, tingkat kepatuhan terhadap kebijakan penyelenggaraan pemerintahan, dan kinerja Camat dan Kepala Desa serta perangkatnya dalam pemberdayaan masyarakat.

            Dalam melaksanakan penilaian di Desa Landih, Ketua Tim Penilai mengajak (9) sembilan orang penilai, antara lain I Wayan Sumantra, S.Ag, M.Si dari Disdikpora Provinsi Bali yang menilai indikator pendidikan, Ni Wayan Mariani, SKM,M.Kes. dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali yang menilai Indikator Kesehatan Masyarakat, Dr. I Wayan Wana Pariartha, SE,M.Si, dari Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Bali yang menilai indikator ekonomi masyarakat, Drs. I Ketut Nendra, dari Badan Kesbang Pol dan Linmas Provinsi Bali yang menilai indikator keamanan dan ketertiban, Drs. I Gusti Ngurah Suryana, dari BPMP Provinsi Bali yang menilai indikator partisipasi masyarakat, A. A. Ayu Warini, SE,MM, dari BPMP Provinsi Bali yang menilai indikator pemerintahan, Made Mandi Widiana, SH.MH dari Dewan Pimpinan Daerah LPM Provinsi Bali yang menilai lembaga kemasyarakatan, Nyonya Dra. Wayan Sudri dari tim penggerak PKK Provinsi Bali yang menilai indikator kesejahteraan keluarga, I Gusti Ngurah Agung, SE dan I Wayan Sadia, SH,M.Si. yang menilai empat indikator tambahan melalui jawaban isntrumen penilaian.

            Kita berharap kegiatan ini jangan sampai menjadi beban, melainkan lebih dimaknai sebagai sebagai langkah kongkrit untuk mengadakan perbaikan perbaikan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “ ungkap Sadia

            Sementara itu, Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.M.Hum. mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan mampu mendukung peningkatan kinerja Perbekel dan perangkat desa lainya guna mendorong pelaksanaan pembangunan desa dengan menitik beratkan kepada pemberdayaan masyarakat desa melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat di desa. Sehingga tercapainya masyarakat yang sehat dan cerdas dalam menunjang pembangunan. Kita harapkan kepada tim penilai, untuk dapat memberikan penilaian dan pembinaan secara oyektif sehingga hasil yang didapatkan bisa dijadikan bahan evaluasi untuk melaksanakan perbaikan perbaikan sehingga target yang ingin dicapai yankni pemberdayaan masyarakat sebagai ujung tombak pemerintahan desa bisa terlaksana dengan baik. “ harap Gianyar.

            Perbekel Desa Landih I Wayan Jamin Mengatakan, persiapan yang dilakukan untuk mengikuti lomba desa tingkat provinsi tahun 2011 ini adalah dengan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi semua aspek yang akan dilakukan penilaian. Diantaranya kelengkapan administrasi pemerintahan desa, pendidikan dan kesehatan. Selain juga dengan dukungan penuh dari masyarakat kita yakin Desa Landih bisa berbuat yang terbaik Bagi Kabupaten Bangli “ ungkap Wayan Jamin.

            Ditambahkan juga, dengan kegiatan kita tidak hanya mengejar juara, tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita bisa meningkatkan diri untuk bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.” Paparnya.  
 

  • 18 Mei 2011

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita