Good Governance Dan Globalisasi

  • 10 April 2011
Good Governance dan Globalisasi

Artikel ini ditulis oleh Nasrullah, SE., Ak., Auditor Pertama pada Inspektorat Prov. Sulsel. Dalam artikel ini diulas implementasi good governance di birokrasi dan good corporate governance di dunia usaha dalam kaitannya dengan globalisasi.

Globalisasi bukan lagi hanya sekedar imajinasi, dia merupakan kenyataan yang berdiri dihadapan kita semua. Persoalan yang menyertainya bukan lagi pada apakah kita menolak kehadirannya atau menerima, melainkan sejauhmana kesiapan kita untuk menghadapinya. Beberapa waktu yang lalu, bahkan Soesilo Bambang Yudhoyono dalam koteks menyikapi globalisasi ini mengatakan “Mari dengan cerdas dan bijak berusaha mendapatkan peluang, bekerjasama dan memilih yang baik dari globalisasi”.

Menghadapi kehadiran globalisasi ini menuntut kita untuk tidak secara gegabah menerimanya secara utuh, melainkan menuntut kita untuk secara kritis mampu melihat peluang yang diberikan oleh arus globalisasi bagi kemajuan bersama. Harus diakui bahwa kehadiran globalisasi telah mengakibatkan efek perubahan yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat diberbagai sektor, mulai dari sektor politik, sosial, budaya, serta ekonomi.

Wahjudi Prakarsa (2000 : 17) mensinyalir, setidaknya ada empat hal yang mengalami perubahan yang diakibatkan oleh arus globalisasi, terutama dalam konteks perekonomian. Pertama, adanya perubahan konstelasi perpolitikan global dari era geo-politik menuju era geo-ekonomi. Kedua, terjadi akselerasi peningkatan peran sektor privat dalam era globalisasi. Ketiga, menguatnya interdependensi antar perusahaan maupun antar negara yang makin meluas dalam era revolusi informasi. Keempat, lahirnya lingkungan persaingan yang makin turbulen.

  • 10 April 2011

Artikel Lainnya

Cari Artikel